Pengarusutamaan Keragaman Gender dan Seksualitas

Cover-Depan-Modul-PKGS-webArdhanaryInstitute– Program Pengarusutamaan Keragaman Gender dan Seksualitas (PKGS) di Indonesia fokus pada pembuatan media dan instrument untuk mengukur kemajuan organisasi mitra yang terlibat dalam project ini, terutama bagaimana changemakers memperdalam pengetahuan mengenai SOGIEB (sexual orientation, gender identity, expression and body) dan bagaimana isu SOGIEB tersebut diarusutamakan ke organisasi masing-masing sehingga keragaman gender dan seksualitas (KGS) terefleksikan baik dalam sumber daya manusia (SDM), program kerja, kebijakan organisasi dan institusional.

Rangkaian dari tahapan kegiatan PKGS ini telah dilaksanakan mulai dari tahun 2012-2015 oleh Rutgers WPF Indonesia kepada mitra kerjanya, yaitu Rumah Sakit Bethesda, PKBI DIY, Rifka Anissa WCC, PKBI Jawa Timur, PKBI Lampung, PKBI Jambi, SIKOK Jambi, WCC Cahaya Perempuan Bengkulu, PKBI DKI Jakarta, Yayasan Pelita Ilmu, Ardhanary Institute, Aliansi Remaja Independen, Yayasan PULIH dan Rahima Jakarta

 

PKGS

PKGS adalah bagian dari program Thematic Learning Program (TLP) yang diselenggarakan oleh Rutgers WPF di Indonesia dan Kenya. Pertanyaan kunci pembelajaran dari pelaksanaan TLP ini adalah:

  1. Bagaimana staf, termasuk manajemen dan relawan dari organisasi mitra, memiliki kapasitas untuk memastikan keberagaman gender dan seksualitas ter-mainstream dalam kebijakan dan program di organisasi?
  2. Pengembangan sumber daya manusia: Mendorong penerimaan dan penghormatan terhadap LGBT dimulai dari staf organisasi (terkait dengan nilai individu dan profesionalitas kerja) serta posisi organisasi; dan bagaimana membedakan antara nilai individu dan profesionalitas.
  3. Pengembangan organisasi: Mendorong organisasi mitra untuk mengidentifikasi arena-arena penting PKGS dan membuat strategi PKGS.
  4. Pengembangan kelembagaan: Mendorong organisasi mitra untuk mendukung atau berkolaborasi dengan organisasi LGBT lokal, dan memastikan bahwa hal ini dilakukan dengan cara yang tepat.

Sebagai dasar PKGS, Rutgers WPF Indonesia membuat Panduan Fasiltator Pengarusutamaan Keragaman Gender dan Seksualitas yang dapat digunakan oleh berbagai organisasi baik LGBT maupun non LGBT untuk mengarusutamakan keragaman gender dan seksualitas di seluruh elemen organisasi. (Ag)