GENDER TROUBLE: Feminism And The Subversion Of Identity

Gender TroubleJudul: GENDER  TROUBLE (FEMINISM AND THE SUBVERSION  OF IDENTITY)
Penulis: Judith P. Butler
Penerbit: Routledge
Tahun terbit: 1990
Tempat terbit: New York, United States of America
Jumlah halaman: xii & 272

 

Judith Butler lahir di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat, 24 Februari 1956, ia dikenal sebagai filsuf  post-strukturalis  Amerika. Ia juga merupakan guru besar di Jurusan Rhetoric and Comparative Literature, Universitas California, Berkeley, Amerika Serikat. Dari beberapa karya tulisan Butler yang diterbitkan menjadi buku-buku ilmiah, ia melahirkan apa yang disebut sebagai teori queer. Salah satu bukunya yang paling terkenal adalah  Gender Trouble. Sebagai pemikir teori queer, Butler berkontribusi besar terhadap studi filsafat feminis, filsafat politik, dan etika.

Gender Trouble adalah karya yang lahir dari perenungan panjang perjalanan kehidupan Butler sebagai aktivis sosial sekaligus akademisi dimana ia belajar dari pengalaman hidupnya serta pengalamannya bertemu dan berinteraksi dengan beragam ekspresi maupun identitas-identitas manusia baik secara biologis maupun secara sosial termasuk perasaan seksualitasnya.

judith-butler-quotes-5

Gender Trouble mendapatkan perhatian luas karena Butler memperkenalkan teori performativitas dengan mengulas gender dan seksualitas. Bagi Butler, tidak ada identitas gender yang asli, semuanya dibentuk melalui ekspresi dan pertunjukan yang berulang-ulang hingga terbentuknya sebuah identitas gender, dalam hal ini Butler menggunakan analogi “drag” (king). Pemikiran ini melahirkan sebuah teori yang disebut Butler sebagai teori performativitas yang mengajak kita untuk melihat bahwa gender terjadi karena proses materialisasi dan konstruksi. (Ag)